Nyam Nyam Korea

Masakan Korea adalah makanan tradisional yang berdasarkan pada teknik dan juga cara memasak orang korea. Dimulai dari kuliner istana yang sulit hingga makanan khusus dari daerah-daerah serta perpaduan dengan masakan modern, bahan-bahan yang digunakan juga penyiapannya sangat berbeda. Banyak sekali makanan Korea yang sudah mendunia. Makanan yang dijelaskan di sini sangat berbeda dengan makanan yang disajikan dalam kuliner istana, yang sampai saat ini juga dinikmati sebagian besar masyarakat Korea.
Masakan Korea berbahan dasar sebagian besar pada beras, mie, tahu, dan daging. Makanan tradisional Korea terkenal dengan banyaknya besar makanan sampingan (lauk) yang disebut banchan yang dimakan bersama dengan nasi putih dan sup(kaldu). Setiap makanan dilengkapi dengan banchan yang cukup banyak.
Makanan Korea biasanya dibumbui dengan minyak wijen, doenjang, kecap, garam, bawang putih, jahe dan saus cabai (gochujang). Masyarakat Korea adalah pengkonsumsi bawang putih terbesar di dunia di atas warga Cina, Thailand, Jepang, Spanyol, Italia dan Yunani.
Makanan Korea berbeda secara musiman. Selama musim dingin, biasanya makanan tradisional yang dikonsumsi adalah kimchi dan berbagai sayuran yang diasinkan di dalam gentong besar yang disimpan di bawah tanah di luar rumah. Persiapan pembuatan masakan Korea biasanya sangat membutuhkan kerja sama.
Nah diatas merupakan itu merupakan penjelasan dasar tentang masakan korea, sekarang di bawah ini kita akan membahas tentang makanannya yang rekomendasi banget untuk di coba.

1. KIMCHI

kimchi

Makanan yang difermentasi ini udah terkenal banget diseluruh penjuru dunia. Bahkan di Indonesia juga populer nih makanan. Kimchi bisa disebut juga kimchee, makanan khas Korea ini bahan dasarnya sayuran yang difermentasi. Nah, fermentasinya pakai berbagai macam bumbu dan rasa dari kimchi ini pedas sama asam
Sayuran yang biasanya digunakan adalah sawi, lobak dan timun. Kalau bumbunya sih cukup simpel, terdiri dari cabe, bawang putih, bawang bombai, jahe, pasta udang dan saus ikan.
Kalau di Korea Selatan, kimchi banyak dijual yang udah dalam kemasan, sebenernya di Indonesia juga sih. Penyajian makanan ini cukup dipotong-potong aja dan disajikan secara langsung.
2. KIMBAP

kimbap

Kimbap atau Gimbap juga merupakan makanan khas Korea Selatan. Bahan dasarnya adalah nasi putih atau bap yang isinya berupa daging, potongan ikan atau telur, ada juga yang dikasih sayuran.
Kimbab ini bentuknya seperti sushi makanan khas dari Jepang. Jadi, semua bahan tadi digulung jadi satu, menggulungnya pakai rumput laut kering atau gim. Setelah digulung kemudian dipotong sampai ukurannya untuk satu kali makan.
Biasanya, untuk satu gulung kimbap dibuah jadi 8 potong saja. Nah, bentuk gulungannya itu bisa bundar atau segitiga, rumput lautnya pun bisa digulung di bagian dalam.
Untuk isian kimbab ini, biasanya di Korea menggunakan sayuran seperti timun, wortel, bayam dan acar lobak. Sementara itu, nasinya dibumbui dengan sedikit garam dan minyak wijen.
Penyajian kimbab biasa disajikan gitu aja, nggak pakai tambahan yang macem-macem. Kalau di Indonesia biasanya ditambahi mayonaise biar rasanya lebih mantab.
Sekarang, kalau kamu lihat, udah banyak banget rumah makan yang khusus menjajakan makanan Korea. Makanan yang di jual ya salah satu menunya adalah kimbab ini.
3. BIBIMBAP

bibimbap

Makanan yang satu ini agak unik, dari namanya aja udah penasaran nih bentuknya kayak gimana. Nah, bibimbap ini berasal dari kata bibim yang artinya campur dan bap yang berarti nasi. Jadi, kalau secara bahasa bibimbap ini artinya nasi campur, tapi bukan nasi rames lho ya.
Dari artinya tadi kita jadi bisa menerka tuh, bibimbab terbuat dari nasi putih dan dicampur dengan berbagai macam sayuran, jamur, daging sapi, telur mentah. Sama ditambahi dengan gochujang, semacam saus pedas khas Korea. Sayuran yang digunakan biasanya dipotong-potong kecil atau memanjang. Kemudian sayuran tadi disajikan di atas nasi dalam sebuah mangkuk.
Nah, saat kamu memesan makan ini bagian paling asik adalah mencampur antara nasi, sayur, lauk dan sausnya. Semua diaduk, dicampur sampai merata, sehingga warnanya berubah jadi merah.
Bibimbab juga bisa disajikan dalam keadaan dingin lho, kalau kamu mau sensasi yang beda aja sih. Simpan dulu makanan ini ke dalam kulkas, baru setelah dingin kamu bisa menyantapnya.
Tadi kan ada bahan yang memakai telur mentah tuh. Nah, biar lebih mantab lagi, bibimbap sebaiknya disajikan menggunakan dolsol bibimbap, yaitu mangkuk panas khusus untuk bibimbap. Jadi, telur yang masih mentah ketika dicampur akan menjadi matang karena panas dari mangkuk tersebut.
4. BULGOGI

bulgogi

Bulgogi bisa disebut juga pulgogi lho, merupakan makanan khas Korea Selatan. Bahan utamanya adalah daging sapi yang diiris tipis-tipis mejadi berbentuk lembaran. Dimasak dengan cara dipanggang atau bisa juga digoreng dalam panci.
Sebelum dimasak, daging-daging lembaran yang tak berdaya tadi terlebih dahulu dibumbui. Bumbu yang digunakan adalah campuran dari minyak wijen, kecap, gula, lada, bawang putih dan jahe (biar rasa masakannya lebih lezat dan teksturnya lembut).
Bulgogi disajikan bersama dengan lauk lain yang ditempatkan dalam mangkuk-mangkuk kecil. Kadang, bulgogi juga diberi sedikit saus sambal biar rasanya makin mantab.
Bulgogi agak beda lho. Pertama kita ambil selada lalu daging bulgogi beserta lauk lainnya diletakkan di atasnya, tak lupa nasinya juga. Setelah itu gulung semua, baru deh kita gigit tuh bulgogi bersama kawan-kawannya.
5. RAMYEON

ramyeon

Ramyeon ini sebenernya kayak ramen tapi versi kore, bentuknya mie instan. Mie instan di korea selatan biasanya memiliki rasa pedas dan kuahnya terlihat lebih kental. Mie-nya pun lebih besar dan kenyal daripada mie yang ada di Indonesia.
6. JJAJANGMYEON

jajangmyeon Continue reading

Advertisements